Senin, 16 Februari 2015

Belum ada judul (part I)



Pernah nggak sih loe ngebayangin orang yang selama ini loe puja-puja jadi balik muja elo??? Nah, seperti halnya yang lagi gue alami sekarang. Kenalin dulu, nama gue Shasya. Emmm, tapi temen-temen gue biasa manggil gue Shasem. Nggak abis piker deh gue kenapa bias dipanggil kayak gitu. Katanya sih kepanjangan dari Shasya Asem. Emang kebangetan tuh anak-anak. Dan…..
“Syaaaaa??????” teriak pekikan suara dari ruang bawah. Dan ternyata benar, itu my mom. Yupz. Dan sekarang waktunya gue buat ,,, emmm apalagi kalo nggak kuliah. Yah gini-gini gue juga kuliah di jurusan Manajemen di salah satu perguruan tinggi swasta di Solo.
“Iya mah. Bentar, Shasya lagi dandan dulu.” Jawabku dengan sedikit memoles kelopak mataku dengan sedikit eyeshadow yang membuatku tampak sedikit kikuk karena buru-bur. Biasalah, mamah kalo udah teriak-teriak gitu bawaannya pasti sewot. Dan gue nggak mau kena dampak kesewotannya itu. No Way!
“Lama banget kamu dandannya. Mau ngelenong kemana sih kamu. Mama buru-buru ini mau ada meeting dengan klien penting. Ini juga pertama kalinya kamu masuk kuliah kan? Kok nggak siap-siap lebih awal malah ngaret.” Tukasnya dengan sedikit panic karena jam sudah menunjukkan angka 08.10.
“What????!!!! Jam berapa ini?” Melirik jam tangan yang melingkar  ditanganku. “Oh my God mom. Udah jam 8 lebih ini. Telat! Telat! Telat!” Teriakku.
Segera kami bergegas ke mobil dan hebatnya mamaku, tanpa memberi aba-aba langsung tancap gas.
Tak berapa lama kami sampai tepat di depan kampus gue yang yah sedikit riuh karena banyak mahasiswa baru disini. Biasa lah, di seberang jalan pun terlihat anak baru yang sedang cipika-cipiki dengan bokapnya. Tak jauh dari posisiku berdiri juga ada anak yang tengah terburu-buru berlari menuju ke kampus. Dan...
“Dorrrr. Kok malah berdiri di sini. Sana masuk. Ngapain melongo nggak jelas gitu.” Tepukan tangan mama gue membuyarkan penglihatanku.
“Eh iya mah.” Nyengir dan tanpa basa-basi gue pun segera masuk ke kampus. “Dahhh mah.” Melambaikan tangan dan tak berapa lama ku lihat mobil mama sudah tak nampak lagi. “Gue rasa mama tancap gas pol deh. “ pikirku dalam hati.
Suasana ospek yang begitu rame membuatku agak jengkel. Ini anak-anak pada ngapain sih kok nggak tau malu banget. Udah gede kok pada teriak-teriak kayak anak TK yang di kasih permen. Gue emang nggak begitu merhatiin apa yang mereka lakukan tapi di tengah suasana yang nggak kondusif ini, tiba-tiba mataku melihat sesosok makhluk Tuhan yang bias dibilang SEMPURNA. Tinggi, putih, manis, ikal dan…
“Woy.. anak baru ngapain kamu bengong kayak kambing congek gitu?” teriak salah seorang senior di depanku.” Ini senior galak amat yak?” Pikirku. Dan parahnya gue di buat malu abis sama ini senior belagu. Tampangnya sih lumayan tapi lagaknya sok banget sih.
“Sini ikut gue. Maju ke depan dan ngadep anak-anak yang lain.” Perintahnya sambil menunjuk-nunjuk kea rah gue. Malukan gue jadinya. Sial banget, lagi ngliatin anak cakep kok diganggu. Huhh
Dengan sedikit malas aku maju ke depan dengan ribuan atau bahkan jutaan mata memandang. Waduh banyak amat. Jatuh deh reputasi gue sebagai mahasiswa baru. Gue nggak mau cari masalah Bung.
“Cepet sini. Lama ya lo. Kayak puteri keraton aja.” Tukas seorang senior wanita yang namanya Andara. Gue tau dari name tag yang tergantung di lehernya.
“Tau nggak loe kenapa gue bawa lo ke depan sini?” dengan nada setengah tingi dan setengah marah.
(geleng-geleng kepala). Gue sadar kalo gue jawab pasti jadi masalah lagi. So, diem lebih baik dan nundukpun tambah lebih baik.
“Eh lo gue nanya tuh dijawab. Bukan malah ngangguk-ngangguk doang.” Teriaknya lagi.
“Udahlah Ra nggak usah pake emosi gitu kenapa.” Tukas salah satu senior cowok di sampingnya. “nggak bisa gitu Ren, dia belagu sih. Dari tadi kita ngomong panjang lebar sosialisasi tentang kampus ini. Eh, dia enak-enakan bengong. Dia harus dikasih pelajaran.”  Jawabnya dengan sedikit emosi.
“Udah-udah gini aja. Biar lebih cepet urusannya. Sekarang lo hadap ke depan mahasiswa baru dan lo nyanyi sebuah lagu  untuk kita-kita karena lo udah nggak menghormati kita sebagai senior lo.” Perintah kak Gisel. Salah satu senior juga. Cantik tapi mungkin agak sedikit bawel.
Eh tunggu dulu. Apa tadi dia bilang? Nyanyi? Gue nggak salah dengerkan? Ini kuping emang mesti diperiksa nih. Masa gue di suruh nyanyi. Yang bener aja. Big No No. Gue paling nggak PD kalo disuruh nyanyi di depan orang banyak gini. Malu atuh neng.
“Eh ngapain lo masih berdiri di situ? Sini!” Perintah Kak Gisel sambil melambaikan tangan ke arahku.
“Tapi Kak. Gue nggak bisa nyanyi.” Ujarku dengan setengah gugup.
“Udah ayo cepet biar hukuman lo cepet kelar.” Tukasnya
Sambil menarik napas pelan dan sedikit melirik ke kanan dan kiri. Tau-tau ntar diliat kakak yang cakep itu lagi. Bisa malu berat gue.
“Ehm… Cek cek cek 1 2 3.” Ujarku untuk mengurangi rasa gugup gue.
“Eh kita nyuruh lo buat nyanyi bukan buat berhitung di situ?” teriak salah seorang senior gendut yang berdiri dipojokan dengan nada tinggi. Serentak semua anak tertawa puas dihadapanku. Sumpah gue pengen nangis di situ. Dan gue pikir gue harus segera mengakhiri ini semua. Lihat aja…
Tak banyak cara Tuhan menghadirkan cinta
Dan dirimu adalah salah satunya
Namun engkau datang di saat yang tidak tepat
Cintaku tlah dimiliki
Inilah akhirnya harus ku akhiri
Sebelum cintamu semakin dalam
Maafkan diriku memilih setia
Walaupun ku tahu cintamu lebih besardarinya
Seribu kali logika ku untuk menolak
Tapi ku tak bisa bohongi hati kecilku
Bila saja diriku ini masih sendiri
Pastiku kan memilih kan memilihmu…
Sontak semua anak membeikan applause pada ague. Dan kulihat raut wajah Andara yang kesal karena gagal ngerjain gue. Hahaha
Gue nggak nyangka ternyata suara gue oke juga.
***
Akhirnya ospek perdana gue kelar juga. Huhf. Tak berapa lama menunggu, terlihat mobil jazz merah menuju ke arahku.
“Hey sayang. Udah kelar kan?” Tanya mamaku sambil cipika cipiki manja. Dan gue hanya manggut-manggut saja. Dan tampaknya mamaku tau kalo anak kesayangannya ini tengah capek. Yupz seharian ini waktu dihabiskan hanya untuk kegiatan ospek doang. Baru kakiku melangkah ke pintu mobil. Terdengar suara memanggil nama gue.
“Sya tunggu. Gue nebeng lo ya?” Tanya salah seorang gadis manis didepan gue. Yupz, ini Nafa Aura. Temen seangkatan gue. Kita kenal baru tadi pagi sewaktu ketemu di ospek. Dia selalu ngintilin gue kemanapun gue pergi. Mungkin dia di sini belum punya temen. Ya nggak apa-apa sih. Gue juga lagi butuh temen di sini. Karena temen-temen SMA gue nggak ada yang satu kampus sama gue.
“Oh iya mah. Ini Nafa. Temen Shasya.” Ujarku memperkenalkan.
“Hello tante. Saya Nafa temennya Shasya. Saya boleh ikut nebeng nggak tan?” tanyanya lugu.
“Oh tentu. Tapi kita mampir makan dulu nggak apa-apa kan?” ucap mama ramah. Yah, mama gue memang ramah.
***
Ternyata rumah Nafa tak jauh dari rumah gue. Jadi besok-besok bisa berangkat bareng dia lagi. Pikirku dalam hati.
“Mah, Shasya langsung ke kamar aja ya. Shasya capek banget nih.” Sambil berjalan lunglai menuju tangga.
“Iya mama tau. Langsung istirahat saja lho. Jangan main laptop terus.” Ujar mama.
Baru mau menaiki tangga pertama, ku dengar suara kaki melangkah tapi tak ku hiraukan karena badan sudah tersa tertimpa batu alias pengen bobok.
“Surprise!!!!!!!!” Sontak gue terjerembab kaget setengah mati begitu mendengar suara pekikan papah dan Mas Adri pulang. Yippi. Mata yang tadinya nagntuk berubah benter.
“Papah! Mas Adri! Pulang kok nggak ngasih kabar? Jahat ihh.” Tanyaku bertubi-tubi.
“Tadi katanya capek? Mau tidur? Kok udah benter aja tuh mata?” Tanya mamahku yang sontak membuatku pengen nyengir. Papah hanya geleng-geleng kepala melihat kekonyolanku sama mama.
“Mana oleh-olehnya Mas?” tanyaku kemudian sambil menengadahkan tangan.
“Hmm, buat adik gue tercinta nih ada oleh-oleh special.”. Ku lihat Mas Adry membuka kopernya dan…
“Taraa… Hadiah kecil dari Mas Adry untuk Shasya.” Menunujukkan foto Mas Adry dengan personel Super  Junior  di handphonenya kepadaku.
“Apaan nih. Gue kan mintanya kaos  yang ada tanda tangannya Suju. Kok malah ginian sih. Bete ahh kalo gini caranya.” Ujarku sambil sedikit manyun-manyun lucu.
Mas Adry hanya tertawa kecil melihat manyunanku yang mungkin jelek.
“Taraaa…..” Mas Adry menunjukkan kaos yang gue maksud tadi. “Nih, gitu aja ngambek. Dasar pesek!”
Ujar Mas Adry yang puas memencet hidung mungilku.
Segera gue tepis dan segera gue rampas kaos  di tangannya. “Yeee, oppa gamsahabnida.” Membungkukkan badan dan langsung memeluk Mas Adry.
“Eh ini nggak gratis lho. Bayar! Ini nggak nggak gampang dapet tanda tangannya. 10 Won. Come on.” Menengadahkan tangan di depan mukaku.
“Mahhhhhh, Mas Adry nih.” Rengekku pada mamah. Semua tertawa puas mengerjaiku.
***
Hari-hari gue lalui setelah masa ospek kelar. Tak terasa sudah satu semester gue habiskan di kampus ini. Dan tak butuh waktu lama buat adaptasi dan dapet temen-temen yang bisa di bilang sahabat baru gue. Selain Nafa, temen masa ospek gue. Ada juga Emilka. Hari-hari selalu aja bareng mereka, sampai-sampai anak-anak yang lain menjuluki kita sebagai trionya anak manajemen. Karena dimana ada gue pasti juga ada mereka.
“Syem, ntar anterin gue beli parfum ya? Parfum gue abis nih. Yah yah yah?” teriak si Emil yang suaranya begitu cempreng ditelinga. Eh apa tadi dia bilang? Syem??? Jangan keras-keras donk kalo manggilnya kayak gitu. Syem itu kependekan dari Shasyem. Shasya Asem. Yupz. Sekarang anak-anak prefer manggil gue Shasyem daripada Shasya. Alasannya karena gue pernah tuh nggak mandi sekali dan ketahuan Nafa. Nah dari situ dia manggil gue Shasyem. Jahat bingit kan? Lho kok malah jadi anak alay gini. Hadeh
“Iya ntar abis kuliah ya. Nafa ikut juga?” tanyaku pada sosok gadis sok manis ini yang tengah asyik dengan BB-nya.
“Ikut donk. Gue nggak mau absen kalo urusan ginian.” Jawabnya tanda menoleh sedikitpun ke gue.
“Hey kalo ada orang ngomong tuh liat orangnya bukan liat BB mulu. BBM-an sama siapa sih?” tanyaku kepo sambil melirik ke BB yang dipegangnya.
“Eits, kepo. Ada deh.” Jawabnya sambil nyegir.
Usai kuliah, gue segera keluar kelas. Tentu dengan anak-anak tengil itu. Kita nongkrong di situ dulu yuk?” ajak Emil yang sedang menunjuk tempat biasa kita nongkrong. Tempat duduk yang nyaman di bawah pohon dengan semilir angin sore yang seger banget. Wusssss…
“Syem, liat deh itu siapa?” ujar Nafa yang meyengol-nyenggol bahuku sambil menunjuk ke arah sosok yang tak asing di mataku.
Dan gue segera melirik kearah yang dimaksud Nafa. Ini nggak salah liat kan? Yupz, gue nggak salah liat. Siapa lagi kalo bukan Mas ganteng itu. Duh, jantung ini terasa mau copot kalo liat senyuman khasnya itu. Sedikit lagi dia akan lewat di depan gue. Nah lo, gue mesti gimana nih. Apa gue mesti pasang muka se-cute mungkin atau biasa-bisa aja. Tuh kan jadi salting sendiri. Duh duh duh makin dekat aja tuh cowok. Gue berusaha senyum aja kali ya kalo dia liat gue. Hmm, good choice! Sekarang saatnya. Keep smile.
Jleb… Ini kenyataan kan? Gue nggak mimpi kan? Dia pasang senyum ke gue. Dan beruntungnya, gue nggak usah repot-repot smiling doi duluan. Yes!
“Syem? Hello? Lo baik-baik aja kan?” Tanya Emil mengayun-ayunkan tangannya di depan muka gua dan dengan tidak sadar segera gue tepis tangannya dan gue masih terpaku melihat sosok yang sekarang berjalan menjauh dari tempat gue duduk. Emil yang heran dengan kelakuan gue segera menyadarkan gue dari pandangan yang sedari tadi menjauh.
“Hey, noh dia udah nggak ada. Masih aja diliatin.” Ujarnya. Nafa hanya geleng-geleng dan berkata, “Syem-Syem, lo tuh ya beraninya cuma ngliatin doang. Usaha dong buat ngedeketin dia.” Ucap Nafa dengan santainya.
“Enak aja lo. Masa gue duluan yang mulai. Gengsi kale.”jawabku sambil membayangkan wajah Mas ganteng itu. Duh nggak kuat nih kalo udah liat senyumnya itu lho bikin pengen liat lagi.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar